Selasa, 06 Desember 2016

manfaat pohon tanjung

KELOMPOK 8



         Muh. Hilham   : 
          1604015055      
Forestry    
                                                      






          Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan NYA mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang (Mimusops elengi), yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


Samrinda, 04 Desember 2016
Penyusun








Halaman sampul..................................................................................................i
Kata pengantar...................................................................................................ii
Daftar isi.............................................................................................................iii
Bab I        Pendahuluan......................................................................................1
1.1    Latar belakang...................................................................................1
1.2    Rumusan masalah.............................................................................2
1.3    Tujuan pembahasan..........................................................................2
Bab II      Pembahasan.......................................................................................3
           2.1 Deskripsi pohon tanjung......................................................................3
2.2 Klasifikasi pohon tanjung....................................................................3
2.3 Keberadaan dan ciri-ciri pohon tanjung..............................................4
2.4 Khasiat dan kegunaan pohon tanjung bagi manusia............................4
2.4 Pemanfaatan pohon tanjung................................................................ 5
2.5 Kelemahan pohon tanjung...................................................................5
Bab III     Penutup..............................................................................................6
           3.1 Kesimpulan..........................................................................................6
           3.2 Saran....................................................................................................6
Daftar pustaka.....................................................................................................7




 BAB I
PENDAHULUAN

11. Latar belakang
         
          Pohon tanjung (Mimusops elengi) terkenal karena bunganya yang harum semerbak mewangi terutama pada waktu pagi. Baunya harum dan dapat tercium dari jauh. Dahulu, para kaum ibu dan gadis-gadis umumnya gemar menyisipkan bunga tanjung pada sanggulnya. Pohon tanjung sungguh pantas di tanam di halaman rumah, selain bunganya yang wangi, biji dan bentuk pohonnya pun elok dipandang. Begitu rindangnya pohon ini membuat seakan-akan tak membolehkan sinar matahari untuk bisa menerobosnya. Pohon Tanjung berasal dari India, Sri Lanka, dan Myanmar. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Pohon tanjung dapat tumbuh dengan mencapai ketinggian 15 meter, daunnya berbentuk bulat telur namun ada juga bulat memanjang dengan ukuran sekitar 9 -16 cm. Buah tanjung berwarna merah kekuning-kuningan. Panjangnya antara 2–3 cm. Buahnya berwarna hijau kalau masih muda, kalau sudah matang akan berubah warna menjadi kuning kemerahan, bisa dimakan dengan rasa manis agak sepat. Di dalam daging buah terdapat biji yang pipih berwarna coklat kehitam-hitaman yang sering digunakan untuk permainan congklak. Bunga tanaman tanjung dan aneka bagian dari tanaman ini juga memiliki khasiat obat. Air rebusan kulit kayunya digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala. Daun yang dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati seriawan mulut. Kemudian kulit akarnya mengandung banyak tanin dan sedikit alkaloid yang tidak beracun. Minyak yang diekstrak dari biji tumbuhan ini mengandung beberapa asam lemak. Akarnya yang dicampur dengan cuka juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Banyak sekali manfaat dari pohon tanjung  untuk itu kami memilih pohon tanjung sebagai bahan makalah dari kelompok 8 bahasa indonesia.




1.2 Rumusan masalah

1.     Apakah manfaat pohon tanjung itu?
2.     Apakah ciri-ciri pohon tanjung itu?
3.     Mengapa perlu untuk dipelajari dan diketahui tentang pohon tanjung?

1.3 Tujuan pembahasan

1.     Untuk menambah ilmu dan pengetahuan bagi para pembaca tentang manfaat pohon tanjung.
2.     Untuk membangkitkan motivasi dalam membuat karya atau kerajinan dari pohon tanjung.




 BAB II
PEMBAHASAN
1.2   Deskripsi
          Pohon berukuran sedang, tumbuh hingga ketinggian 25 m. Daun-daun tunggal, tersebar, bertangkai panjang; daun yang termuda berambut coklat, yang segera gugur. Helaian daun bundar telur hingga melonjong, panjang 9–16 cm, seperti jangat, bertepi rata namun menggelombang (Hariana,2007). Bunga berkelamin dua, sendiri atau berdua menggantung di ketiak daun, berbilangan-8, berbau enak semerbak. Kelopak dalam dua karangan, bertaju empat-empat; mahkota dengan tabung lebar dan pendek, dalam dua karangan, 8 dan 16, yang terakhir adalah alat tambahan serupa mahkota, putih kekuning-kuningan. Benang sari 8, berseling dengan staminodia yang ujungnya bergigi (Hariana,2007). Buah seperti buah mlinjo (So), berbentuk gelendong, bulat telur panjang seperti peluru, 2–3 cm, akhirnya merah jingga, dengan kelopak yang tidak rontok. Biji kebanyakan 1, gepeng, keras mengilat, coklat kehitaman (Hariana,2007)
1.2  Klasifikasi pohon tanjung

Klasifikasi

Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom  : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi  : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi             : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas             : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas      : Dilleniidae
Ordo              : Ebenales
Famili            : Sapotaceae
Genus            : Mimusops
Spesies          : Mimusops elengi L.


Nama umum
Indonesia    : Tanjung
Inggris       :   Spanish Cherry

Habitat
Pohon tanjung berbunga harum semerbak dan bertajuk rindang, biasa kita jumpai ditanam di sisi jalan atau di hutan-hutan kota.




1.1    Keberadaan  dan ciri-ciri pohon tanjung

          Pohon Tanjung berasal dari India, Sri Lanka, dan Myanmar. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.
Tanaman Tanjung bisa tumbuh ditempat yang beriklim tropis. Tanaman tanjung ini kurang cocok tumbuh di daerah sub-tropis karena iklimnya tidak sesuai dengan pertumbuhan daun tanaman tanjung ini untuk berkembang biak. Tanah mempunyai peranan yang penting bagi proses pertumbuhan tanaman ini, dimana apabila kondisi tanah kurang baik atau kurang subur karena hara yang dimiliki atau yang dikandung sangat sedikit maka pertumbuhan juga akan terhambat.

       Ciri ciri pohon tanjung :
ü Pohon tanjung dapat tumbuh dengan mencapai ketinggian 15 meter
ü daunnya berbentuk bulat telur namun ada juga bulat memanjang dengan  ukuran  sekitar 9 -16 cm.
ü Buah tanjung berwarna merah kekuning-kuningan.
ü Panjangnya antara 2–3 cm.
ü Buahnya berwarna hijau kalau masih muda, kalau sudah matang akan berubah warna menjadi kuning kemerahan.
ü Rasa buah manis agak sepat.
ü Di dalam daging buah terdapat biji yang pipih berwarna coklat kehitam-hitaman yang sering digunakan untuk permainan congklak.

1.2    khasiat pohon tanjung dan kegunaan bagi manusia

v khasiat pohon tanjung

          Bunga tanaman tanjung dan aneka bagian dari tanaman ini juga memiliki khasiat obat. Air rebusan kulit kayunya digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala. Daun yang dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati seriawan mulut. Kemudian kulit akarnya mengandung banyak tanin dan sedikit alkaloid yang tidak beracun. Minyak yang diekstrak dari biji tumbuhan ini mengandung beberapa asam lemak. Akarnya yang dicampur dengan cuka juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.

v Kegunaan

          Sebagai pohon, tentunya pohon tanjung memiliki batang yang kayunya bisa digunakan oleh manusia. Kayunya padat, berat, dan keras. Kayu dari varietas parvifolia yang tumbuh didekat pantai biasanya dipilih sebagai bahan pasak dalam pembuatan perahu, juga untuk tangkai tombak dan tangkai perkakas lain, seperti lemari dan mebel, serta untuk tiang rumah.Varietas ini bisa tumbuh setinggi 25 m dan selebar 40 cm. Kayu tanjung juga baik untuk dijadikan bahanukiran, patung, penutup lantai, jembatan, dan bantalanrel kereta api. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala; daun yang dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati sariawan mulut (Arisandi,2008). Bagian yang digunakan ialah Kulit batang, daun dan bunga. Sakit gigi dan menghilangkan nafas berbau; Kulit batang pohon direbus bersama air dan dibuat kumur selama empat hari Merawat luka; .Air rebusan kulit batang pohon digunakan untuk mencuci luka. Mewangikan rambut; Bunga tanjung direndam ke dalam minyak kelapa dan dilumurkan ke rambut. Pengharum ruangan ;Letakkan segenggam bunga tanjung didalam ruangan Aroma terapi ; Ambil segenggam bunga tanjung lalu di rebus dengan 4 ltr air hingga mendidih campur dengan air dingin hingga suam suam kuku, lalu mandilah maka tubuh anda akan wangi dan membuat pikiran terasa nyaman.



1.4  Pemanfaatan pohon tanjung

          Tanaman tanjung banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung yang terdapat pada jalan–jalan protokol. Selain itu buah tanjung banyak dimakan oleh burung sehingga penyebaran bibitnya mudah menyebar karena bantuan burung yang memakan buahnya dan menjatuhkannya di tempat yang lain. Tanaman tanjung termasuk pada tanaman yang sensitif, sehingga tanaman ini tidak cocok untuk ditempatkan di pinggir jalan atau jalur convergen (penyatuan dua jalan). Tanaman ini memiliki beberapa alasan sehingga digunakan sebagai tanaman pelindung seperti kemampuan tanaman dalam penyerapan pencemaran udara (khususnya Pb) serta penyerap dan penepis bau.


1.5 kelemahan pohon tanjung

          Sayangnya, kayu tanjung tidak mudah dikeringkan dengan hasil yang baik. Kayu ini cenderung melengkung, pecah ujung dan retak-retak permukaannya apabila dikeringkan. Meskipun relatif mudah dikupas, akan tetapi venir (lembaran tipis bahan kayu lapis) yang dihasilkan cenderung menggelombang. Pengeringan alami harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam waktu lama, pengeringan papan setebal 3 cm (dari kadar air 39% hingga 15%) membutuhkan waktu sekitar 63 hari.










BAB III
PENUTUP

1.3  Kesimpulan

                 Dari pembahasan tentang makalah ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa pohon tanjung (Mimusops elengi) terkenal karena bunganya yang harum semerbak mewangi terutama pada waktu pagi. Baunya harum dan dapat tercium dari jauh. Bunga tanaman tanjung dan aneka bagian dari tanaman ini juga memiliki khasiat obat. Air rebusan kulit kayunya digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala. Minyak yang diekstrak dari biji tumbuhan ini mengandung beberapa asam lemak dan Akarnya yang dicampur dengan cuka juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Sehingga begitu menarik untuk di pelajari dan dimanfaatkan oleh banyak orang.

1.4  Saran
          Saran yang bisa disampaikan melalui makalah ini adalah sebaiknya di kalangan mahasiswa banyak-banyak membaca dan mempelajari manfaat pohon yang berada di sekitar lingkungannya. Baik melaui buku,majalah,koran,internet dan lain sebagainya agar dapat menambah wawasan tentang pohon yang banyak lagi.









DAFTAR PUSTAKA

Edi sucipto. 2014. http://alampedia.blogspot.co.id/2014/09/pohon-tanjung-                  mimusops-elengi-tumbuhan.html ( diakses pada tanggal 01/12/2016)
Muslimah. 2012. https://muslimah5science.wordpress.com/2012/06/30/tanjung-   mimusops-elengi/ ( diakses pada tanggal 01/12/2016)
























2 komentar:

  1. Best Coin Casino Online
    Best Coin Casino Online 2021 | A detailed guide to 메리트카지노 the top online crypto casinos, 인카지노 top software providers, and top sites with a Play free slots or real 카지노사이트 money games.

    BalasHapus
  2. Lucky Club Casino Site
    Lucky Club Casino is one of the oldest gambling sites of the land based gaming industry. They offer the most exciting live casino games and  Rating: 5 · ‎4 reviews luckyclub.live · ‎$35.00 to $50.00 · ‎In stock

    BalasHapus